Header Ads

Keren, Tiga Mahasiswa ITS ini Merancang JPO Yang Ramah Difabel dan Lingkungan

Tiga Mahasiswa ITS ini Merancang JPO Yang Ramah Difabel dan Lingkungan
Dari kiri, Nafi Maula Abdullah, Afif Argadipa Alfiansyah, dan M Ali Burhan, Tiga Mahasiswa ITS ini Merancang JPO Yang Ramah Difabel dan Lingkungan (Foto : its.ac.id)

Tiga Mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember mebuat inovasi yang dapat membantu penyandang disabilitas atau difabel dalam menggunakan jembatan penyeberangan orang (JPO). Disain yang dibuat dalam waktu dua minggu ini juga menekankan aspek kenyamanan dan ekonomis.

Menurut Nafi Maula Abdullah, Ketua Tim, JPO ini didisain dengan lantai yang memiliki sudut kemiringan 20 derajat untuk memudahkan akses Difabel. Kemiringan lantai mengikuti peraturan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). JPO ini juga tidak disertai dengan lift.

"Kami tidak menggunakan lift, karena biaya pembangunannya tidak ekonomis" ujar Nafi seperti dikutip aksimahasiswa dari beritajatim, Senin (31/12/2018).

Jembatan rancangan mereka juga dilengkapi dengan panel surya dan turbin yang mampu mengubah panas maupun hujan menjadi sumber energi listrik.

"Energi yang tersedia di alam akan diubah menjadi listrik, sistem ini mampu mencapai efisiensi hingga 60 persen" lanjutnya.

Rancangan JPO buatan Mahasiswa ITS ini juga dilengkapi dengan sistem anti polusi udara dengan menanam tanaman Lidah Mertua. Tanaman ini sangat efektif dalam menyedot polusi udara.

"Bunga asal Aceh ini kami pilih karena memiliki bau yang khas" ungkap Nafi lagi.

Disain JPO ini menggunakan profil baja WF 400 yang memiliki dimensi tidak terlalu besar namun bisa memikul beban yang besar. Kerja keras Nafi Maula Abdullah, M Ali Burhan dan Afif Argadipa Alfiansyah, Tiga Mahasiswa asal ITS yang tergabung dalam CT Generation II ini mengantarkan mereka menjadi juara dua dalam Lomba Gambar Teknik Nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Malang, beberapa waktu lalu.

No comments