Header Ads

Bingung Mencari Judul Skripsi, Ini 7 Cara Jitu Mendapatkan Judul Skripsi Yang Baik

Mencari Topik Skripsi dan Cara Jitu Mendapatkan Judul Skripsi Yang Baik (Foto : careernews.id)
Banyak yang beranggapan bahwa skripsi itu menakutkan dan tidak sedikit pula yang terhambat wisudanya karena skripsinya tidak kunjung selesai. Bahkan banyak juga yang terhambat skripsi karena tidak kunjung mendapatkan judul skripsi karena bingun menentukan topik apa yang akan dibahas dalam skripsi dan judul skripsinya sering ditolak pembimbing.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, karena kami akan membahas tentang tips dan trik yang akan membantu kamu mendapatkan judul skripsi.


Baca juga : Trik Agar Kamu Lulus Kuliah Tepat Waktu

Berikut ini adalah tips dan trik yang akan membantu kamu mendapatkan judul skripsi, disimak baik-baik ya.


1. Ubah Mind Set

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merubah mindset dalam pikiran kamu. Selama ini, banyak mahasiswa yang termakan stigma negatif tentang skripsi dari senior-seniornya. Karena sebenarnya skripsi bukanlah hal yang menakutkan. Skripsi hanya perlu dikerjakan dan dijalani setiap tahapannya, mirip seperti hubungan kamu dengan gebetan, jalani dulu aja sambil lihat kedepannya. Hehehehee.

Jadi untuk menghadapi skripsi yang perlu dilakukan pertama kali adalah merubah pikiran negatif tetang skripsi itu susah, dan diubah dengan pikiran bahwa skripsi itu bisa diselesaikan. Midset ini sangat penting karena dengan mindset ini kamu akan menggerakkan seluruh usahamu untuk menyelesaikan skripsi yang memang bisa diselesaikan. Kayak kamu dan aku, jalani dulu saja. :D


2. Kenali Kemampuan dan Kekuatan Diri

Salah satu strategi perang Tsun Zu (seorang panglima perang di china) mengungkapkan bahwa “Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran”. Pesan itu sangat kuat dan bisa dijadikan sebagai bahan dalam menentukan judul skripsi.

Untuk mendapatkan judul skripsi, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenali kemampuan atau mata kuliah yang kamu kuasai. Skripsi baru bisa diambil disemester akhir dengan catatan seluruh mata kuliah yang kamu ambil telah selesai sebelumnya. Sehingga, kamu bisa melihat materi yang kamu kuasai ada di mata kuliah apa. Biasanya kesalahan yang banyak dilakukan mahasiswa adalah memilih topik skripsi diluar materi yang dikuasainya. Maka tidak heran jika akhirnya mereka menjadi kesulitasn menyelesaikan skripsi.


3. Membaca Jurnal

Skripsi merupakan bentuk penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dan menjadi salah satu syarat utama agar bisa lulus. Penelitian itu biasanya dilatarbelakangi dengan hasil penelitian yang sudah ada kemudian dikembangkan sesuai dengan situasi lingkungan dan kebudayaan.

Hasil penelitian itu biasanya akan dijadikan jurnal. Jadi untuk memudahkan kamu dalam menentukan judul skripsi, hal yang harus kamu lakukan adalah membaca jurnal sebanyak mungkin. Agar kamu tahu topik apa saja yang sering dijadikan penelitian, dan hal apa saja yang bisa kamu kembangkan dari penelitian-penelitian sebelumnya.

Jadi judul penelitian itu harus dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya. Jika kamu mengajukan judul skripsi tanpa didasari penelitian sebelumnya biasanya kamu akan mengalami kesulitan ketika ditanya dosen pembimbing tetang alasan memilih judul skripsi tersebut.

Namun jika kamu sudah membaca jurnal penelitian sebelumnya, kamu bisa memiliki argumentasi yang kuat untuk memilih topik skripsi.

Baca juga : Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa Agar Sukses

4. Membaca Skripsi Senior

Selain membaca jurnal penelitian, kamu juga bisa membaca skripsi senior-senior kamu. Intinya adalah membaca hasil penelitian. Karena memang penelitian sebelumnya sangat berperan penting dengan penelitian terbaru. Karena memiliki keterkaitan. Selain itu, membaca skripsi senior-senior juga bisa membantu kamu memahami bentuk penulisan skripsi yang baik.


5. Membaca Berita

Hal terpenting yang mungkin perlu kamu lakukan ketika ingin mendapatkan judul skrispi adalah dengan membaca dan mengikuti berita terkini. Dari berita tersebut kalian bisa mendapatkan info tentang topik terbaru yang lagi trend. Biasanya judul skripsi yang banyak disetujui adalah yang mau mengangkat tentang trend yang sedang berkembang saat itu. Sehingga, mengikuti informasi berita terkini juga perlu kamu lakukan, agar bisa menentukan topik skripsi sesuai dengan trend yang lagi hits.


6. Sharing Dengan Dosen

Menjalin silaturahmi dengan dosen itu sangat penting, karena dosen memiliki banyak pengalaman sebagai mahasiswa dan mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, dengan kedekatan yang kamu miliki, kamu bisa minta pendapat dan saran kepada dosen tentang topik apa yang baik kamu jadikan judul skripsi. Syukur-syukur kalau kamu pandai melobinya supaya memberikan kamu judul skripsi yang bisa kamu gunakan.


7. Persiapkan Diri Sedini Mungkin

Skripsi itu sudah pasti akan kamu hadapi di semester akhir, dan sebelum kamu kuliah biasanya kamu sudah pernah mendengar cerita tentang skripsi. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan diri sedini mungkin. Kamu bisa menjalankan tips dan trik yang sebelumnya sudah kita bahas. Dengan persiapan ini, kamu bisa menentukan sejak awal topik apa yang bisa kamu angkat untuk menjadi judul skripsi. Sehingga kamu bisa mengukur kekuatan diri, sedari awal dan kamu tidak akan kesulitan jika sudah mempersiapkannya sejak awal kuliah.

Baca juga : Tips Agar Selalu Mendapatkan Nilai A Dari Dosen

Pada intinya skripsi sama dengan matakuliah yang lainnya, yang membedakan adalah skripsi membutuhkan lebih banyak kerja mandiri dan dosen hanya membimbing. Berbeda dengan mata kuliah biasa yang kamu diberikan materi kelas dan tugas secara berkala. Karena banyak membutuhkan kerja mandiri, maka kamu harus memiliki energi semangat dan kesabaran yang ekstra agar kamu kuat menghadapinya.

Demikianlah tips jitu untuk mendapatkan judul skripsi yang bisa kamu lakukan, jika bermanfaat jangan lupa komen di kolom komentar. Untuk mendapatkan informasi terupdate tetang perjuangan dan aksimahasiswa, jangan lupa Follow juga akun IG kita di @aksimahasiswa.id dan twitter kita @AksiMahasiswaID dan jangan lupa like FansPage FB kita di https://www.facebook.com/aksimahasiswa

No comments