Header Ads

Tolak Fumigasi Mobil Mewah Di Bintan, Mahasiswa Demo BP Kawasan

Tolak Fumigasi Mobil Mewah Di Bintan, Mahasiswa Demo BP Kawasan
Tolak Fumigasi Mobil Mewah Di Bintan, Mahasiswa Demo BP Kawasan (Foto : TRIBUNBINTAN.com/AMINNUDIN)

Bintan (aksimahasiswa.com) - Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tanjung Pinang - Bintan beramai-ramai mendatangi kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Bintan untuk melakukan aksi protes atas kegiatan fumigasi mobil mewah asing yang dilakukan di Bintan.

Fumigasi sendiri merupakan kegiatan pencucian mobil untuk menghilangkan (mematikan) kuman dengan menggunakan gas fumigan.

Baca juga : Evaluasi Program Wali Kota, Mahasiswa Sukabumi Kepung Gedung Setda Kota Sukabumi dan Kantor DPRD

Menurut Koordinator Lapangan Aksi, Fandi Ahmaf menjelaskan bahwa, mahasiswa tidak terima dengan aktivitas fumigasi dilakukan di Bintan, karena dilakukan secara ilegal dan hanya mengotori Bintan dengan limbah.

"Kalau mau jujur, mengapa proses fumigasi tidak dilakukan di Pelabuhan Singapura atau langsung saja pelabuhan tujuan yakni Australia. Mengapa harus di Bintan, ini kan membingungkan,"kata Fandi Ahmad, seperti dikutip aksimahasiswa dari TribunBatam, Rabu (2/1/2019).

Dalam aksi ini sempat sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dengan personil kepolisian dari Polres Bintan yang mengawal aksi tersebut. Pasalnya mahasiswa meminta bertemu dengan kepala BP Bintan Muhammad Umar Saleh, namun pihak BP Kawasan menolak menerima seluruh mahasiswa dan hanya mau menemui perwakilan mahasiswa saja. Sehingga terjadi mahasiwa menolak dan tetap kekeh semuanya ingin bertemu dengan pihak BP Kawasan.

Baca juga : Mahasiswa dan Aparat Bentrok Saat Jokowi kunjungi Palopo

"Tidak, kami harus masuk semua. Supaya kita sama-sama mendengar penjelasan kepala BP Bintan terkait masalah fumigasi ini," kata Fandi Ahmad.

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya seluruh mahasiswa diperbolehkan bertemu dengan pihak BP Kawasan Bintan untuk menyampaikan tuntutannya.

Baca juga : Bela Muslim Uighur, PB HMI Usir Dubes China

Sebelumnya diberitakan bahwa Kapal MV Morning Compose yang berbendera Panama berada di Pelabuhan PT Bintan Offshore Marine Centre (BOMC), Lobam. Kapal dengan tujuan Australia yang memuat 3.342 mobil mewah dan alat berat dari Jerman ini diketahui melakukan kegiatan fumigasi ketika berada di Bintan.

No comments