Header Ads

Selain IPK, Ini 5 Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa Agar Sukses dan Cara Mendapatkannya

Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa
Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa  (ilustrasi, foto : appletreebsd.com)

Menurut data Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ada 7 juta pengangguran di Indonesia dan 630ribu diantaranya adalah lulusan perguruan tinggi. Hal ini karenakan adanya ketimpangan antara profil lulusan universitas dan kualifikasi tenaga kerja siap pakai yang dibutuhkan perusahaan. Banyak diantara lulusan perguruan tinggi ketika masih menjadi mahasiswa hanya fokus pada pencapaian nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) padahal yang dibutuhkan di dunia industri bukan hanya nilai IPK yang tinggi, namun juga ada beberapa soft skill yang harus dikuasai mahasiswa ketika ingin berkarir di perusahaan.

Baca juga : 9 Tips Agar Lulus Kuliah Tepat Waktu

Perusahaan melihat IPK sebagai basic intelegence dan keseriusan mereka dalam menuntut ilmu. Sedangkan yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah kombinasi keahlian yang berbeda dengan yang selama ini diberikan oleh sistem pendidikan tinggi (Marmolejo, World Bank, 2017). Sehingga mahasiswa harus juga mengembangkan kemampuan soft skill ketika masih belajar di bangku kuliah.

soft skill yang harus dikuasai mahasiswa


Berdasarkan data yang dihimpun oleh The Future of Jobs Report World Economic Forum setidaknya ada 5 soft skill yang harus dikuasai mahasiswa untuk menghadapi persaingan Industri di masa depan.

1. Cognitive Abilities

Skill yang terdiri dari antara lain: Cognitive Flexibility, Creativity, Logical Reasoning, Problem Sensitivity, Mathematical Reasoning, dan Visualization .

2. System Skill

Kemampuan untuk dapat melakukan judgement dan keputusan dengan pertimbangan cost-benefit serta kemampuan untuk mengetahui bagaimana sebuah sistem dibuat dan dijalankan.

3. Complex Problem Solvin

Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata

4. Process Skill

Kemampuan terdiri dari: active listening, logical thinking, dan monitoring self and the others

5. Social Skill

Kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, kepekaan dalam memberikan bantuan hingga emotional intelligence


Cara mengembangkan soft skill 


Kelima soft skill diatas merupakan kemampuan yang pertumbuhan permintannya paling tinggi di masa depan. Penguasaan soft skill tidak dapat diperoleh secara instan, harus selalu dilatih dan diasah supaya dapat berkembang dari hari ke hari. Untuk mengasah kemampuan soft skill tersebut setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Aktif di Organisasi Kemahasiswaan

Salah satu cara yang paling efektif dalam mengembangkan soft skill ketika masih menjadi mahasiswa adalah dengan ikut bergabung di organisasi kemahasiswaan. Banyak sekali organisasi kemahasiswaan di Kampus, mulai dari Himpunan mahasiswa jurusan, hingga Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan ikut organisasi kemahasiswaan kamu bisa lebih banyak berinteraksi dengan sesama mahasiswa, dosen dan pihak terkait lainnya. Sehingga aktif di organisasi juga akan meningkatkan koneksi perkenalan kamu.

Selain itu, Crisrine Manopo selaku komisaris GTS Group mengungkapkan bahwa ada lima keahlian penting yang akan membuat kamu dihargai di perusahaan diantaranya adalah : Time Management, Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan Presentasi, Analytical Thinking, dan Managing People.


2. Ikut Kepanitiaan dan Menjadi Pimpinannya

Ikut bergabung dalam kepanitiaan akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar bekerja dalam sebuah tim. Akan lebih bagus lagi jika kamu menawarkan diri menjadi pimpinan dalam kepanitiaan tersebut. Tidak perlu takut salah, justru dengan mengikuti kepanitiaan dan menjadi pimpinan dalam kepanitiaan kamu akan belajar bagaimana mengelola tim dan cara menyelesaikan masalah yang timbul selama proses persiapan kegiatan. Selain itu kamu juga bisa mengasah kemampuan kamu dalam berbicara didepan banyak orang dan pengambilan keputusan.

3. Ikut Seminar dan Workshop

Mengikuti seminar atau workshop juga penting untuk pengembangan soft skill, karena dalam kegiatan seminar atau workshop biasanya akan membahas topik yang lagi trend dan pematerinya juga dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Disaat itulah kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang berguna untuk peningkatan keilmuan kamu dan mengasah mental dan komunikasi kamu. Selain itu kegiatan seminar dan workshop juga akan menambah motivasi kamu untuk meningkatkan kualitas diri.

4. Ikut Kursus

Untuk meningkatkan soft skill, kamu juga bisa dengan cara mengikuti kursus sesuai dengan skill yang ingin kamu asah. Salah satu skill yang bisa kamu kembangkan dengan mengikuti kursus adalah kemampuan komunikasi. Meningkatkan skill komunikasi dengan kursus Public Speaking sangat berguna untuk menunjang karir kamu di masa depan. Karena dengan kursus tersebut kamu akan semakin terampil dalam berkomunikasi dan mempresentasikan tugas-tugas kamu.

Baca juga : Mau Dapat Nilai A, Kamu Wajib Ikuti Tips Berikut Ini

Demikianlah artikel tentang 5 soft skill yang harus dikuasai mahasiswa agar bisa sukses menghadapi persaingan industri di masa depan. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang. Untuk mendapatkan informasi terupdate tetang perjuangan dan aksimahasiswa, jangan lupa Follow juga akun IG kita di @aksimahasiswa.id dan twitter kita @AksiMahasiswaID dan jangan lupa like FansPage FB kita di https://www.facebook.com/aksimahasiswa

No comments