Header Ads

Mau dapat nilai A, ikuti 7 tips berikut ini !

Mau dapat nilai A, ikuti 7 tips berikut ini !
Mau dapat nilai A, ikuti 7 tips berikut ini !

Semua mahasiswa pasti mau dapat nilai A karena bisa menigkatkan grade Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Dalam dunia kampus nilai di presentasikan dalam grade, dimana grade A adalah nilai tertinggi. Sehingga mendapatkan nilai A adalah dambaan setiap mahasiswa.

Berikut ini adalah tips yang akan membantu kamu mendapatkan nilai A.

Kalau mau dapat nilai A, ikuti Tips ini


1. Review Materi

Tips pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin mendapatkan nila A adalah mereview kembali materi yang telah diberikan oleh dosen. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereview materi adalah dengan mencatat kembali materi yang diajarkan dosen di dalam kelas, dan membacanya kembali.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menulis materi, kamu bisa menggunakan alat rekorder. Ketika dosen menjelaskan materi, kamu bisa merekamnya dan kamu bisa memutar kembali rekaman materi kapan pun kamu mau.

Baca juga : Baca ini, 9 Tips Agar Kamu Lulus Kuliah Tepat Waktu

2. Pahami Poin Penting

Saat mendengarkan materi yang diajarkan dosen, catatlab setiap poin penting dari materi tersebut. Buatlah mind map materi yang kamu terima sehingga kamu bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan dosen kamu.


3. Kerjakan Tugas

Ketika kamu kuliah, maka tugas adalah salah satu hal yang tidak akan bisa kamu hindari. Hampir setiap hari akan ada tugas baru yang kamu terima dari dosen. Tugas-tugas tersebut harus kamu kerjakan tepat waktu. Karena dosen akan menilai kamu tidak hanya dari tugas yang kamu kerjakan, tapi juga dari kecepatan pengerjaan tugas yang telah kamu selesaikan.

Sehingga, mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu adalah hal yang harus kamu lakukan. Sebagai aktivis kampus tentu kamu sudah bisa membuat time management dengan baik, sehingga bisa membuat jadwal antara mengerjakan tugas, berorganisasi dan nongkrong bareng teman-teman.


4. Berperan Aktif di Kelas

Usaha selanjutnya yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan nilai A adalah dengan aktif di kelas. Saat ini sistem belajar dikelas menggunakn metode Student Center Learning dimana mahasiswa juga dituntut agar berperan aktif di kelas. Buatlah kontribusi di dalam kelas, baik itu bertanya tentang materi yang diajarkan ataupun menyampaikan pendapat. Menjadi mahasiswa bearti kamu dituntut untuk berfikir kritis dan aktif menyampaikan pendapat. Selain itu dengan aktif di kelas, kamu akan semakin dikenal oleh dosen sebagai mahasiswa yang aktif dan kritis.


5. Persiapkan Diri Untuk Ujian

Hindari belajar dengan sistem kebut semalam atau istilah ngetrendnya dikalangan mahasiswa adalah sistem SKS, karena kamu pasti akan keteteran jika harus mempersiapkan ujian hanya dengan belajar semuanya dalam waktu semalam. Selain tidak banyak yang akan kamu ingat atau pahami, justru memaksakan diri belajar ngebut semalaman akan membuat kamu menjadi kelelahan, sehingga jadi tidak fit saat menjalani ujian. Sehingga untuk menghindari hal itu, kamu harus mempersiapkan ujian sejak jauh hari dengan mengulang setiap materi yang diajarkan oleh dosen. Dan ketika ujian akan tiba, kamu tinggal mereview saja materi-materi tersebut.

Usaha lain untuk mempersiapkan diri untuk ujian adalah dengan mempelajari soal-soal ujian dari senior, sehingga kamu bisa melihat pola soal yang akan diujiankan, biasanya soal ujian yang akan kamu dapatkan tidak jauh dari soal yang sebelumnya dikerjakan oleh senior kamu. Meskipun begitu belajar soal dari senior cukup dijadikan bahan belajar untuk melihat pola soal dan alur materi yang sebelumnya sudah diajarkan dosen.


6. Rajin Membaca

Membaca adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika sudah menjadi mahasiswa. Dengan membaca kamu akan menambah pengetahuan dan membuka wawasan kamu. Minimal kamu membaca buku-buku atau artikel yang berkaitan dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Selain itu kamu juga bisa membaca bacaan yang ringan seperti novel atau bacaan yang berkaitan dengan hobi kamu. Sehingga tidak perlu membatasi bacaan agar memperluas wawasan kamu.


7. Masuk Kuliah

Tips terakhir yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan nilai A adalah masuk kuliah. Semalas apapun kamu, usahakan tetap masuk kelas agar absensi kamu tidak bolong. Karena sedikit banyaknya absensi kuliah juga memiliki point untuk mendapatkan nilai. Jika kamu malas masuk kelas maka usaha untuk mendapatkan nilai A merupakan hal yang akan sulit kamu dapatkan.

Baca juga : Bukan IPK, ini 5 Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa

Demikian tips yang bisa kamu lakukan, jika mau dapat nilai A. Karena semua butuh perjuangan. Bukan cuma ngejar gebetan yang butuh perjuangan, mau dapat nilai A juga butuh perjuangan. Semoga usahamu lancar ya. Untuk mendapatkan informasi terupdate tetang perjuangan dan aksimahasiswa, jangan lupa Follow juga akun IG kita di @aksimahasiswa.id dan twitter kita @AksiMahasiswaID dan jangan lupa like FansPage FB kita di https://www.facebook.com/aksimahasiswa.

No comments