Header Ads

9 Tips Jitu Agar Kamu Lulus Kuliah Tepat Waktu

Lulus Kuliah Tepat Waktu
Lulus Kuliah Tepat Waktu (ilustrasi)
Tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan lulus kuliah tepat waktu. Biasanya persoalan itu timbul ketika mereka sudah menjalani kuliah lebih dari satu semester. Ada banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa menjadi sulit lulus tepat waktu.

Baca juga : Bukan IPK, Ini 5 Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa Agar Sukses dan Cara Mendapatkannya

Menyelesaikan kuliah tepat waktu adalah sebuah keinginan banyak mahasiswa, karena dengan lulus tepat waktu mereka bisa segera meraih cita-cita mereka. Atau minimal bisa membanggakan kedua orang tua yang sudah menantikan anaknya di wisuda.

Agar teman-teman bisa lulus kuliah tepat waktu, ada baiknya teman-teman mengikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Tentukan Target Kuliah

Menentukan target kuliah sangat penting, ini adalah tujuan awal yang akan kamu jadikan sebagai petunjuk arah selama kamu menjalani perkuliahan. Target kuliah disini adalah capaian dari kuliah yang ingin kamu raih ketika kamu lulus nanti. Beberapa pertanyaan yang bisa membantu kamu menentukan target kuliah diantaranya adalah "Berapa IPK yang ingin kamu raih selama kuliah ?". Itu adalah pertanyaan mendasar sehingga kamu bisa menentukan ritme kuliah yang kamu jalani. Target ini bisa kamu evaluasi setiap akhir semester sehingga kamu bisa memiliki rambu-rambu dalam menjalankan perkuliahan. Usahakan target IPK yang ingin kamu raih diatas rata-rata yang dibutuhkan di Industri, syukur-syukur bisa lulus dengan IPK Cumlaude.

2. Pahami Kewajiban Mahasiwa

Di Indonesia, seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan/Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan mengetahui kewajiban sebagai mahasiswa kamu bisa lebih fokus dalam membagi waktu selama kuliah.

3. Ikuti Sesi Kuliah Dengan Baik

Untuk lulus tepat waktu kamu harus memaksimalkan sesi perkuliahan dengan baik. Meskipun kamu bisa belajar dimana saja, namun hadir di kelas untuk mengikuti sesi kuliah juga sangat penting agar kamu mengetahui penjelasan dari dosen. Sehingga kehadiran itu sangat penting untuk mendukung upaya kamu agar dapat lulus kuliah tepat waktu. Memang tidak jarang rasa malas datang sehingga tidak masuk kuliah. Sehingga manajemen absen dalam pengelolaan kehadiran di kelas harus kamu susun dengan matang, karena biasanya dosen akan menjadikan kehadiran sebagai salah satu instrumen penilaian tambahan.

Baca juga : Mau Dapat Nilai A Dari Dosen, Kamu Wajib Ikuti Tips Berikut ini

4. Jaga Silaturahmi dengan Dosen

Ada pameo yang mengatakan "tak kenal maka tak sayang", rasanya pameo ini memang benar adanya dan bisa kamu gunakan untuk mendekati dosen. Caranya adalah dengan menjaga silaturrahmi dengan dosen. Dengan menjalin silaturahmi dengan dosen, kamu bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dari teman-teman lainya di kelas. Karena biasanya dosen akan memberikan tips dan trik agar kamu bisa menjalani perkuliahan dengan baik. Menjalin silaturahmi dengan dosen juga akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi beasiswa atau proyek tambahan yang bisa membantu keuangan kamu.

5. Jangan Terlena

Kehidupan di dunia kampus berbeda dengan dunia sekolah. Di kampus yang menentukan layak atau tidaknya lulus itu dari diri kita sendiri, sehingga fokus dan konsistensi belajar harus tetap terjaga. Sehingga kita harus bisa menyaring pergaulan dan menghindari kehidupan yang hura-hura. Tidak ada salahnya jika liburan dipakai untuk hangout bareng teman-teman asalkan tidak mengganggu jadwal kuliah.

6. Pilih Teman Yang Satu Visi

Kamu harus bisa memilah teman yang satu visi dengan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu belajar dan berdiskusi. Tidak apa bergaul dengan semua teman di kelas, namun kamu juga harus memiliki teman dekat yang memiliki keinginan sama untuk lulus kuliah tepat waktu. Karena teman memiliki peranan besar dalam mencapai visi yang ingin kamu raih. Teman yang suka hura-hura dan tidak memiliki target lulus tentu perlu dihindari karena justru akan berdampak buruk bagi kuliah kamu.

7. Buat Jadwal

Kehidupan kampus tidak perlu dijalani dengan kaku seperti belajar, mengerjakan tugas atau membaca buku. Dunia Kampus sangat mengasikkan untuk dijalani, namun butuh manajemen waktu yang baik. Jika tidak memiliki jadwal maka kamu akan terlena dengan waktu. Karena menjadi mahasiswa itu bearti kamu dianggap sudah dewasa dalam menentukan nasibmu sendiri. Oleh karena itu buatlah jadwal kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan, dan jangan lupa buat skala prioritas dari jadwal tersebut.

8. Tentukan Tema Skripsi Jauh Hari

Biasanya yang menjadi kendala kebanyakan mahasiswa yang telat lulus adalah skripsi yang tidak tentu kapan dibuat. Kebanyak mereka kesulitan menentukan topik apa yang akan mereka buat untuk skripsi. Memilih topik skripsi jauh hari bisa kamu lakukan dengan membaca jurnal penelitian atau berdiskusi dengan dosen.

9. Selalu Bimbingan

Kesalahan yang sering terjadi adalah mahasiswa malas melakukan bimbingan/konseling. Padahal bimbingan/konseling adalah salah satu fasilitas yang disediakan agar mahasiswa dapat lulus kuliah tepat waktu. Menjadi mahasiswa itu bukan bearti membuat kamu malu untuk bimbingan dengan dosen. Malu karena merasa masih banyak salah itu justru tindakan yang salah. Seharusnya jika kamu mengalami kendala atau kesulitan kamu harus bimbingan ke dosen, agar persoalan yang kamu hadapi bisa dicarikan jalan keluarnya. Begitu juga dengan skripsi, sering-seinglah bimbingan dengan dosen agar skripsi kamu bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : Judul Skripsi Sering Ditolak, Kamu Wajib Membaca Tips Mendapatkan Judul Skripsi Yang Baik

Demikianlah sembilan tips agar kamu lulus kuliah tepat waktu. Tips diatas membutuhkan konsistensi dan fokus agar kamu bisa lulus kuliah tepat waktu. Semoga keinginan kamu untuk bisa lulus kuliah tepat waktu bisa tercapai dengan baik. Untuk mendapatkan informasi terupdate tetang perjuangan dan aksimahasiswa, jangan lupa Follow juga akun IG kita di @aksimahasiswa.id dan twitter kita @AksiMahasiswaID dan jangan lupa like FansPage FB kita di https://www.facebook.com/aksimahasiswa

No comments