Header Ads

5 Film Tentang Pergerakan Mahasiswa Yang Wajib Kamu Tonton

Sejarah telah membuktikan bahwa disetiap negeri selalu ada peran pergerakan mahasiswa dalam melakukan perjuangan untuk pembebasan rakyat dari ketidak adilan dan kekejaman yang dilakukan Pemerintah. Kisah-kisah heorik perjuangan dan pergerakan mahasiswa juga diabadikan dalam berbagai film yang bisa dinikmati dan dipelajari proses perjuangannya.

Film Tentang Pergerakan Mahasiswa Yang Wajib Kamu Tonton

Berikut ini adalah beberapa film yang mengisahkan tentang perjuangan dan pergerakan mahasiswa. Sebagai aktivis mahasiswa, kamu yang wajib menontonnya.

1. GIE

Sebuah Film yang menceritakan seorang tokoh pergerakan Mahasiswa tahun 60'an yang bernama Soe Hok Gie. Film ini diangkat dari buku karya Gie yang berjudul Catatan Seorang Demonstran. Dalam film ini kita dapat melihat bagaimana Gie bersama teman-temannya para Mahasiswa berjuang dalam menggulingkan Rezim Orde Lama.

Baca juga : Buku Catatan Seorang Demonstran Soe Hok Gie

Meskipun Hok Gie menghormati Sukarno sebagai founding father negara Indonesia, Hok Gie begitu membenci pemerintahan Sukarno yang diktator dan menyebabkan hak rakyat yang miskin terinjak-injak. Hok Gie tahu banyak tentang ketidakadilan sosial, penyalahgunaan kedaulatan, dan korupsi di bawah pemerintahan Sukarno, dan dengan tegas bersuara menulis kritikan-kritikan yang tajam di media.


2. Di Balik 98

Film yang berlatarkan kejadian Mei 98 ini bercerita tentang perjuangan Mahasiswa dalam menggulingkan Pemerintahan Orde Baru yang Otoriter. Dalam film ini digambarkan bagaimana Pergerakan Mahasiswa dalam menuntut Presiden Soeharto mundur sebagai Presiden dan kerusuhan yang terjadi pada 13-14 Mei 1998 yang disebabkan karena adanya insiden penembakan Mahasiswa Tri Sakti.


3. Student Movement In Indonesia

Film dokumenter yang merekam perjalanan pergerakan Mahasiswa dalam menumbangkan rezim Militer yang dibangun oleh Pemerintahan Soeharto. Setiap proses menuju reformasi direkam secara utuh dalam film dokumenter ini. Film ini akan memberikan gambaran secara utuh bagaimana mahasiswa berjuang melawan represifme aparat bersenjata.


4. A Taxi Driver

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di kota Gwangju (Korea Selatan), 37 tahun yang lalu. Dalam film ini dikisahkan perjuangan seorang supir taxi dalam membantu Jurgen Hinzpeter, seorang reporter yang meliput pergerakan mahasiswa di kota Gwangju. Film ini diangkat dari kisah nyata Pergerakan Mahasiswa Korea Selatan yang menuntut penggulingan pemerintahan diktator Korea Selatan pimpinan Jenderal Chun Do Hwan yang sebelumnya mengambil alih kekuasaan dengan jalan kudeta.


5. 1987: When the Day Comes

Cerita film ini hampir mirip dengan Tragedi Mei 1998 di Indonesia. Film ini adalah mengangkat kisah nyata pergerakan mahasiswa di Korea Selatan pada tahun 1987 yang menuntut demokrasi dan menuntut pembubaran rezim militer. Film ini menggambarkan sejarah secara utuh bagaimana perjuangan mahasiswa tidaklah mudah bahkan kekerasan fisik harus mereka terima saat menyampaikan aspirasinya. Bahkan seorang aktivis mahasiswa pro-demokrasi meninggal karena diintrogasi aparat kepolisian dengan cara yang tidak manusiawi.



Demikian Lima Film Tentang Pergerakan Mahasiswa yang wajib kamu tonton, jangan mengaku aktivis kalau belum tahu kelima film tersebut. Untuk mendapatkan informasi terupdate tetang perjuangan dan aksimahasiswa, jangan lupa Follow juga akun IG kita di @aksimahasiswa.id dan twitter kita @AksiMahasiswaID dan jangan lupa like FansPage FB kita di https://www.facebook.com/aksimahasiswa

No comments