Header Ads

Lakukan Penelitian di Pulau Legundi, 25 Mahasiswa Undip Selamat Dari Tsunami Selat Sunda

25 Mahasiswa Undip Selamat Dari Tsunami Selat Sunda
25 Mahasiswa Undip Selamat Dari Tsunami Selat Sunda (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom) 
Sebanyak  25 Mahasiswa Undip Selamat Dari Tsunami Selat Sunda. Mahasiswa gabungan dari Undip, UIN Jakarta dan Unila Lampung mengadakan penelitian di Pulau Legundi, Provinsi Lampung.

Penelitian ini sejatinya dilakukan untuk melihat potensi wisata yang ada di Pulau tersebut. Namun nasib naas menimpa mereka saat melakukan survei sumber daya alam yang ada di Pulau Leguni. Saat para mahasiswa sedang melakukan rapat harian untuk mengevaluasi kegiatan penelitian, tsunami selat sunda menerjang mereka.

Baca juga : Sebanyak 59 mahasiswa Universitas Indonesia dinyatakan selamat dari Tsunami

Dalam keterangan persnya, Nuswantoro Dwiwarno selaku Kepala Humas dan Media Undip Semarang menyampaikan bahwa sebanyak 25 mahasiswa Undip selamat dari tsunami selat sunda, namun peralatan penelitian yang mereka gunakan tidak terselamatkan.

“Peserta tidak sempat menyelamatkan seluruh perlengkapan ekspedisi berikut alat komunikasi, karena tim bersama penduduk membantu evakuasi terhadap anak-anak dan orang tua untuk bisa menaiki bukit terdekat” ujar Nuswantoro, seperti dikutip aksimahasiswa dari kompas, Kamis (28/12/2018).

Nuswantoro juga mengungkapkan bahwa pulau Legundi telah diterjang tsunami sebanyak tiga kali dengan ketinggian air hingga 3 meter. Atas musibah itu, satu orang penduduk meninggal dan seluruh tim peneliti dinyatakan selamat.

Saat ini seluruh mahasiswa Undip yang sebelumnya tertahan telah pulang dengan selamat. Penelitian ini sendiri dijadwalkan berlangsung selama 10 hari yaitu sejak 20 Desember sampai 30 Desember 2018.

No comments